Tukijo

Berpikir cerdas dengan Menulis.Menjadi pribadi yang berpikir.Sebagai Guru dan Trainer Kepenulisan bagi guru di Jawa Tengah....

Selengkapnya
Mudik,Tradisi atau Gengsi?

Mudik,Tradisi atau Gengsi?

Menilik kata mudik bisa diartikan aktifitas yang dilakukan berkali -kali atau dari kata udik.Secara awam mudik bisa diartikan proses kembali ke tempat asal setelah sekian lama pergi.Lalu apakah mudik itu sdkadar tradisi atau gengsi sosial?

Tradisi tahunan masyarakat kita melakukan mudik jelang lebaran.Mudik menjadi pilihan dan gaya hidup masyarakat kita.Bukan sekadar melihat kampung halaman tetapi memaknainya dengan silaturahim.Mudik pula yang menjadi sarana kekeluargaan.

Aktifitas sosial mudik menjadi trend di saat banyak yang rindu asalnya.Tradisi tahunan tersebut menjawab kerinduan atas segala permasalahan di perantauan

Sejalan dengan kerinduan mudik,pemerintah mengamininya dengan kebijakan cuti dan THR bagi yang menerimanya.Dengan demikian mudik bukam lagi suatu tradisi belaka tetapi menjadi kebutuhan

Pengobat rindu melalui mudik seolah mengais energi baru dari keluarga.Karena barangkali selama jauh komunikasi dan spirit semakin berkurang.

Jadi mudik bukanlah gengsi sosial.Bukan pula semata tradisi.Tapi mudik menjadi sarana tambahnya energi dan semangat menjalani hidup.Karena di keluarga ternyata ada nilai-nilai sosial.yang lebih dulu lahir sejak kita masih kecil.

Tradisi menjadi keharusan bagi mereka yang meyakini bahwa keluarga adakah segalanya.Untuk itu,diperlukan penyamaan persepsi bahwa mudik bukan sekadar tradisi atau gengsi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mudikku untuk orangtuaku... Birul walidain secara konkret... Memeluk mereka, sungkem, bercerita tentang banyak hal selama tak bersama mereka... Dan membuat senang serta bahagia hati mereka merupakan salah satu hikmah mudik... Mudikku untuk orangtuaku, pintu syurgaku... Barakallahu fiik pak tukijo...

13 Jun
Balas

Bagus

13 Jun
Balas

Mudik itu tanpa disadari, banyak manfaatnya ternyata... pak Tukijo oke...

13 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali